web 2.0

Friday, February 6, 2009

APAKAH Kapal Selam Punya Jangkar?




Jelas saja punya. Kapal selam membutuhkan jangkar untuk alasan yang sama seperti kapal-kapal lain. Setiap saat kapal selam perlu mempertahankan posisi di permukaan tetapi kebetulan tidak berada dekat dermaga atau kapal lainnya, dipergunakanlah jangkar itu. Jangkar tidak digunakan selama kapal sedang menyelam, tetapi terkadang kapal selam harus muncul ke permukaan, jadi jangkar memang berguna.

George Flower, pria yang bertugas di Angkatan Laut mengatakan bahwa : "Permukaan air merupakan tempat yang sangat tidak stabil bagi sebuah kapal selam, setiap awak kapal selam pasti akan mengatakan hal yang sama kepada Anda." Kami salah duga bahwa jangkar akan menolong menstabilkan kapal selam, tetapi Kapten G.L Graveson, Jr. public affairs director di Naval Submarine League, meluruskan pemahaman kami yang salah itu. Kapten Graveson mengatakan bahwa di laut yang bergolak dengan jangkar ditambatkan, kapal itu akan cenderung menempatkan dirinya tegak lurus arah angin; kalau begini, sebuah jangkar mungkin bisa menolong mengurangi turbulensi pada permukaan air.

Tetapi Graveson menyatakan bahwa kapal selam tidak jelas-jelas lebih goyah dibandingkan dengan kapal-kapal lainnya di permukaan. Ia mengatakan bahwa ketidakstabilan terburuk yang terjadi di kapal selam itu biasanya terjadi pada proses menyelam atau muncul ke permukaan; saat pusat gravitasi dann daya apung berubah, wajah-wajah sebagian pelaut yang bertambah mual pun berubah pula.

====================================
Oleh : Jim Kowald
Sumber :Mengapa Hidung Anjing basah
====================================

0 komentar:

Post a Comment