web 2.0

Wednesday, February 11, 2009

Sungai Martapura Sumber Kehidupan


Sungai Martapura, sebuah sungai yang memberikan sumber kehidupan bagi masyarakat banjar, khususnya bagi mereka yang bermukim di daerah pinggiran sungai. Banyak sekali warga di daerah Martapura yang menjadikan sungai Martapura sebagai tempat untuk mencari rezeki. Biasanya mereka memanfaatkan sungai untuk mencari ikan. Mencari ikan disungai bisa dilakukan dengan memancing dan sebagainya. Selain sebagai tempat untuk mencari nafkah, sungai juga digunakan masyarakat Banjar sebagai sarana transportasi air. Sarana transportasi ini bisa berupa jukung(perahu kecil) atau kelotok(perahu mesin).

Peranan terpenting sungai Martapura bagi masyarakat Banjar adalah sebagai sumber air. Masyarakat di pinggiran sungai Martapura menggunakan sungai untuk mandi, mencuci bahkan untuk minum dan memasak. Dan tahukah Anda? Sebuah fenomena yang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa sampai sekarang ini, sungai juga dijadikan sebagai tempat untuk buang air kecil dan bahkan BAB. Jadi, masyarakat di pinggiran sungai Martapura memanfaatkan sungai untuk tempat minum dan memasak serta sebagai tempat BAB.

Bagaimana dengan kesehatan masyarakat? Apakah banyak diantara mereka yang sakit-sakitan karena kondisi ini? Sampai sekarang keadaan mereka baik-baik saja. Mungkin karena air yang diminum tetap dimasak terlebih dahulu sehingga kebersihan air tetap terjaga. Yang menjadi masalah adalah sampah. Mengapa? Karena masyarakat di sini juga menjadikan sungai untuk tempat pembuangan sampah. Jadi tak heran jika sungai yang menjadi sumber kehidupan ini dipenuhi sampah-sampah rumah tangga dan sampah-sampah lainnya.

Jika keadaan sungai terus dibiarkan seperti ini, tidak hanya penyakit yang akan menyerang masyarakat, tetapi juga banjir. Mungkin hal inilah yang turut menyebabkan banjir yang terjadi di wilayah kabupaten Banjar belakangan ini. Oleh karena itu, kita semua berharap masyarakat yang berada di pinggiran sungai Martapura untuk bisa menjaga kebersihan sungai. Karena biar bagaimanapun, sungai sangat penting bagi kehidupan masyarakat.

Berikut ini ada beberapa foto yang baru saja diambil dari pinggiran sungai Martapura...

Pada gambar di atas terlihat salah seorang warga di pinggiran Sungai Martapura yang sedang mencari ikan di sungai.



Seorang warga sedang mencuci dan mandi di Sungai Martapura. Selain sebagai tempat untuk mandi, biasanya anak-anak kecil juga menggunakan sungai sebagai tempat untuk berenang.


Inilah yang disebut dengan "Kelotok". Kelotok atau perahu mesin ini biasanya digunakan sebagai alat transportasi air.





Sampah-sampah yang bertebaran di Sungai Martapura karena masyarakat pinggiran sungai menjadikan sungai sebagai tempat pembuangan sampah. Hal inilah yang harus dihentikan karena dapat menyebabkan sungai menjadi kotor dan dapat mengakibatkan banjir.

4 komentar:

Unknown said...

blog yang bagus...
salam kenal dari putra martapura

Anonymous said...

cuma kadang manusia suka usil. (dicemari...)

Reuka said...

knp manusia begitu z?

Anonymous said...

uyuyu

Post a Comment