web 2.0

Thursday, March 5, 2009

Google Adsense VS AdsenseCamp


Google Adsense, sebuah program periklanan yang tentunya sudah tidak asing lagi bagi para blogger, web master dan para pengguna internet di seluruh dunia. Program periklanan milik Google Inc ini sudah sangat terkenal di jagad Internet. Banyak website dan blog yang membahas tentang Google Adsense baik itu cara memulai bergabung, cara meningkatkan penghasilan dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, Google Adsense juga menjadi sumber penghasilan bagi para pengarang buku tentang Google Adsense ini. Jika Anda pernah ke toko buku, di sana juga banyak terdapat buku-buku yang membahas tentang Google Adsense dengan beraneka judul yang menarik bagi pembaca.
Saya adalah termasuk salah satu anggota Google Adsense. Ketika penghasilan mencapai $20, saya mendapat surat dari Google Inc yang berisi kode PIN verifikasi alamat rumah. Sejak itu saya bertambah semangat untuk meningkatkan penghasilan saya. Tapi karena batas minimum pencairan penghasilan terlalu tinggi ($100), akhirnya saya juga kewalahan menunggu.
Setelah beberapa kali mencari solusi lewat paman Google, akhirnya saya menemukan program periklanan yang serupa dengan Google Adsense namun servernya di Indonesia dan mata uangnya pun Rupiah. Program tersebut bernama AdsenseCamp. Batas minimum pencairan penghasilan adalah Rp10.000,-. Cukup ringan bukan? Jika dibandingkan dengan Google Adsense, AdsenseCamp jauh lebih ringan. Terutama untuk kalangan Blogger pemula seperti saya.
Dari pengalaman yang telah saya alami, saya ingin berbagi sedikit pengetahuan saya kepada Anda tentang perbandingan antara Google Adsense dengan AdsenseCamp.

1) Google Adsense menetapkan batas minimum pencairan penghasilan adalah $100 (sekitar Rp.1000.000,-) sedangkan AdsenseCamp hanya Rp10.000,- saja. Artinya, jika penghasilan kita di AdsenseCamp sudah mencapai Rp10.000,- maka uang tersebut sudah bisa dikirim ke nomor rekening kita.
2) Google Adsense tidak sepenuhnya mendukung web atau blog berbahasa Indonesia. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan pengghasilan maksimum, maka gunakanlah bahasa Inggris. Jika tidak ingin repot, maka Anda bisa beralih ke AdsenseCamp karena jelas-jelas mendukung sepenuhnya web atau blog berbahasa Indonesia.
3) Iklan yang muncul dari server Google Adsense akan selalu sesuai dengan konten web atau blog kita. Jika web atau blog kita berisi tentang PHP, maka iklan yang muncul pun akan berhubungan dengan PHP. Sementara AdsenseCamp belum seperti itu. Selain itu, iklan yang muncul dari server AdsenseCamp lebih banyak tentang Bisnis Internet dan yang menjanjikan banyak uang. Sehingga iklan yang muncul cenderung agak sedikit terkesan kurang profesional.
4) Satu kali klik di Google Adsense bernilai random, sedangkan satu kali klik di AdsenseCamp bernilai Rp300,-. Namun, untuk iklan versi Google Adsense bisa diklik berkali-kali dengan IP sama tetapi hanya klik yang dianggap valid yang mendapat bayaran. Sedangkan iklan versi AdsenseCamp, biasanya jika sudah diklik salah satu iklan, maka iklan yang lain tidak akan bisa diklik alias tidak ada respon. Jika ingin membuktikan, Anda bisa mencoba mengklik salah satu iklan di bawah ini dan cobalah untuk mengklik yang lainnya.



Saya sudah mencoba beberapa kali dan hasilnya adalah jika sudah diklik satu kali, maka iklan yang lain tidak bisa diklik. Walaupun bisa, yang dibayar hanyalah klik yang pertama. Mengapa ini bisa terjadi? Karena di sini hanya diizinkan satu kali klik untuk satu nomor IP.
5) Di Google Adsense, kita bisa menampilkan iklan berupa Banner sehingga unit iklan terlihat lebih menarik. Sedangkan di AdsenseCamp, iklan hanya berupa teks. Sehingga, dari segi visual mungkin Google Adsense masih juaranya. Tapi tentunya kita semua berharap agar AdsenseCamp juga bisa bersaing dengan Google Adsense. Karena biar bagaimanapun, AdsenseCamp adalah milik negri sendiri dan kita sebagai warga negara yang baik wajib menghargainya. Bagi Anda yang belum bergabung, bergabunglah sekarang dan buatlah perbandingan versi Anda sendiri.

Lima perbandingan di atas adalah pendapat saya dan beberapa teman blogger lain. Untuk pihak Google Adsense dan AdsenseCamp, saya mohon maaf jika ada kata-kata yang kurang sopan dalam penyampaian review di atas. Artikel ini hanya bertujuan untuk memberikan sedikit pengetahuan bagi pembaca. Jika ada pihak yang keberatan dengan artikel ini, bisa menghubungi admin melalui email di sebuahblog@rocketmail.com
Add to Technorati Favorites

Terima kasih telah berkunjung dan berkomentar...

24 komentar:

david said...

Kalo di Pikir mang lebih bagus Google adsense ya...Dollar..sayang kita harus memiliki Paypal untuk mengirim penghasilan yg kita dapat

arvernester said...

untuk proses regstras lebh gampang d adcamp yah? google kan rbet tuh,
kalo dbandngkan dangan adbrte gmana lag tuh?

HE. Benyamine said...

Tambah pengetahuan ... Google dan Camp ... bisa dapat uang sambil minum kopi ha ha ha. Thanks ulasannya, sangat jelas.

ifoel said...

wah.. blum punya akun google adsense nih bang... :0.. hari geeneee.... heheheh.. ntar kalo da niat pasti deh....

byme said...

wah jadi pingin maen adsense camp nih byme slam
kenal

Izar Baik said...

sebenernya sama aja bohong kali.
coba pikir, adsensecamp emang cuma PO 10 ribu. tapi liat nilai klik nya?? sumpah kecil bgt!!!
jadi sama aja menunggu juga kan?!

sementara google nilai perklik nya pake $$. sekitar 0.01/klik ya kalo gak salah??
nah, kalo di rupiahin bisa sampe seribu kan??

yah, intinya siyh sama aja?!

Upank said...

dua2nya bagus,,tpi harus bisa bersabar aja nunggu uang nya..
dan lagi klo daftar di google adsense,,susah masuk dan harus b inggris

klo di adsendsecamp gampang daftarnya,,dan ga usah translate ke b inggris

itu mah tergantung mau milih yang mana??
yang penting jangan mudah menyerah aja

Grip my soul said...

terima kasih infonya....

admin said...

Nungguin durian jatuh,.. gak tau yang mana. yg masih baru kuncup apa yg udah mateng. gk terasa jenggot dan kumis udah makin gondrong. oh adsense??

sepak bola said...

nambahin aja nih
server google adsense jelas lebih oke dibanding server adsensecamp yg lamban :)

E-I2-RIcH said...

mo nanya, adsense ama adsense camp dijadiin satu gimana???
butuh pencerahannya...
Salam kenal....

Kapan2 maen ke blog gw y...

Lowongan Kerja di update tiap hari (Freelance, Fresh Graduate, Employee) .......KLIK DISINI

Salman Al-farisi said...

cara menampilkan iklan adsensecamp di tengah postingan gimana ya caranya?????

Mohon bimbingannya...

Silahkan mampir juga ke http://bertahajudlah.blogspot.com

citago (-_@) said...

makasih buat infonya

Mas Rangsang said...

oooooh gtu toh, klo adsensecamp po nya bisa lewat paypal gx?

PRAHYANGAN.COM said...

ok bagus skali

chandra said...

kalo web / blog kita traffic nya tinggi. $100 / Rp10000 itu sangat mudah di dapat.

steven said...

web berbahasa indo di adsense tidak support utk contextual advertising, so adsensecamp adalah solusinya.. skr baru tau perbandingannya. thx infonya..

the Elf said...

ooo...baru tahu
salam kenal dan terima kasih infonya...

al hafidz said...

bisa ngak daftar google adsense dengan menggunakan domain blogspot.com?

Irfan said...

For Registered Softwares Download Please Visit Here http://www-irfan-itsolutions.blogspot.com

Pandaanku.com said...

yah optional aja selain google adsen yang sulit daftarnya karena harus pakai bahasa inggis blognya, tapi kalo adcamp gampang n khusus pasar indonesia

agungfebri said...

kalau dalam satu web di isi 2 iklan, 1 dari google adsene, 1 dari adsense camp kira2 bisa ga yak? apa akan kena banned juga dari google? mohon infonya dunk..masih newbie neh...

Conan Doyle said...

klo mnurutku sih mending pasang adsensecamp aja..

jgn sungkan main ksini ya ...

http://sub-deconan.blogspot.com/


doni kusumanjaya said...

saya sudah pake adsensecamp dan emang hanya bisa satu klik/ 1 ip. saya juga penasaran bisa ga ya dua2nya dijadiin satu dalam satu web/blog.

kalau ada yang mau tau atau nyari fossil kayu mampi sini ya:
http://www.credogallery.web.id

makasih.

Post a Comment