web 2.0

Friday, March 20, 2009

FENOMENA Menarik Seputar SMS


SMS (Short Message Service) adalah sebuah layanan pesan singkat yang sudah ada sejak lama. Pada awalnya, SMS hanya digunakan untuk mengirim pesan singkat ke nomor teman, orang tua, suami, istri, atau pacar. Seiring dengan bekembangnya zaman, SMS dimanfaatkan untuk banyak hal. Ada yang menggunakannya untuk kejahatan, sumber penghasilan, bahkan membuat manusia menjadi syirik. Kali ini SEBUAH BLOG akan membahas beberapa fenomena menarik seputar SMS yang sering terjadi di masyarakat Indonesia.
1) SMS Berantai
SMS berantai seringkali meminta penerimanya untuk menyebarkan sms tersebut. Bahkan yang diminta biasanya tidak tanggung-tanggung, ada yang meminta untuk menyebarkan ke 10 orang teman, ke 15 orang teman, bahkan keseluruh teman. Tidak jarang SMS semacam ini mengandung unsur ancaman. Contoh SMS berantai yang pernah saya terima adalah :
Ujian Nasional tinggal 45 hari lagi. Jika ingin lulus, sebarkan sms ini ke 10 orang teman kamu. Jangan sampai terputus di kamu. Jika sampai terputus di kamu, demi Allah kamu tidak akan lulus Ujian.
SMS semacam ini benar-benar menyesatkan, khususnya bagi ummat islam. Saya sendiri sempat kaget saat membaca kata-kata "Demi Allah" yang berani di sebutkan dalam SMS tersebut. Yang membuat saya tambah heran, masih banyak orang-orang yang mau-maunya percaya dengan sms semacam ini. Saya tidak hanya sekali pernah menerima SMS semacam ini. Masih banyak SMS yang lain. Ada yang mengaku sebagai korban tabrakan yang mencari kepalanya, dan lain sebagainya. Semoga saja kita tidak terlibat dalam SMS berantai semacam ini. SMS tidak menentukan apapun. SMS hanyalah sebuah teknologi. Jika mendapat SMS berantai semacam ini, janganlah diteruskan. Karena jika kita ikut meneruskan penyebaran SMS ini, sama saja kita percaya dengan lelucon konyol seperti ini.

2) SMS REG
Setiap kali menonton televisi, tentunya tidak pernah ketinggalan iklan tentang sms REG. Jujur, saya pribadi sudah bosan mendengar kata-kata "Ketik REG spasi bla bla bla kirim ke bla bla bla" yang selalu muncul di TV. Apakah Anda juga bosan? Jika iya, berarti kita sama..hehehe...SMS REG benar-benar sudah marajalela. Bahkan menurut saya ada yang sudah mulai konyol. Ada yang menawarkan ramalan jodoh, berat ideal, foto-foto para model, bahkan sampai yang tidak terlalu penting pun bermunculan. Teknologi memang ada-ada saja.

3) SMS Voting
Pemanfaatan SMS tidak hanya sampai di situ. Voting pun menggunakan SMS. Untuk jenis voting biasanya digunakan untuk acara-acara kontes. Kemenangan kontestan ditentukan oleh jumlah SMS dukungan yang didapatkan oleh masing-masing kontestan. Semakin banyak SMS yang diperoleh kontestan, semakin banyak penghasilan penyelenggara acara, semakin banyak pula penghasilan yang akan diterima sang kontestan. Itulah hidup. Zaman sekarang ini, untuk bisa sukses tidak cukup hanya dengan bermodal kemampuan dasar. Kita juga harus bisa menarik simpatik masyarakat. Karena biar bagaimanapun bagusnya, keberhasilan kita ada di tangan si pengirim SMS. Semakin tinggi voting, semakin besar peluang menang. Jadi intinya, juara-juara yang tercipta dari sebuah voting adalah juara-juara favorit, bukan karena kwalitas.

4) SMS Penipuan
Yang satu ini yang paling parah karena ini adalah tindakan kriminal. Dulu, waktu HP masih menjadi barang yang wah, saya banyak menerima SMS yang mengatakan bahwa saya memenangkan hadiah mobil. Apakah Anda pernah mendapatkan SMS seperti ini? Atau bahkan sering? Inilah yang disebut dengan penyalahgunaan teknologi. Banyak korban-korban yang tertipu karena menerima SMS yang cukup menggiurkan.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Yah..minimal bisa mengisi waktu luang Anda..Kita tunggu saja bakal dimanfaatkan untuk hal apa lagi yang namanya SMS...

11 komentar:

david said...

Sms Penipuan itu paling menjengkelkan....nggak ada kerjaan tw org yg ngirim

Pencerah said...

ada juga sms termahal:

"sayang, jalan keluar yuk..."
Bakal keluar banyak uang tuk bensin, makan, nonton, dlll

arvernester said...

Sms spam itu sush banget difilter,,
bikin bandwith sms makin sempit....

Ifoel said...

SMS Pnipuan nih sering masuk ke ponsel ku... but aku ngga pernah sekalipun menanggapinya.... macam2 dh modusnya...

Kucing Bunted said...

kmaren mlm gw dapet sms yang katanya dari anak yang bnuh diri...

gw langsung apus... hhee...

Izar Baik said...

ketik REG spasi IZAR
kirim ke 9090.

sssstttt!!
sms yg kamu dapet, langsung dari hape ku.


(jijay bgt dah kalo lagi ngeliat iklan REG sms kayak gitu)
ahahahahahaha, tapi contohnya diri sendiri!
dasar Narsis!!!

admin[at]sebuahblog said...

Hehehe...
Bener banget tuh yang dibilang "Izar Baik",,,
Gw jg ngerasa risih lyat REG SMS ky gitu...
G penting bgd...
n_n

Suster Gila said...

Lho kok yang contek-contekan via SMS gak dibahas.
Ini juga modus baru gara-gara sms.

:salam:

Aneh-aneh Disini said...

gila emang udah zamannya sobh.. Bukan lagi dengan penipuan.. Malah dulu ada santet khan broo.?? tapi untunglah bukan.. whewh...

Anonymous said...

uDah gag jaman kali" penipuan pake' sms...!!
klo mO nIpU menDing kirIm uAng kE rEkeninG sayA seBanYAk 10 jUTA tp AnDA nGAkUnYA nGiRIm 100 reBU,,,iTu BArU nIPu TApI bErMAnFAat BAgi YAng DItiPu...iNSYA ALLAH GAg doSA koK....tRY iT YAW...!!hEHEHE...

ubay said...

wah...untuk yg nmr 1 gw jg sering bgt dpt sms berantai gt..tp kalo udh kliatn sms gt gw cm bc trakhrx...n kalo dah pasti langsung gw delete tnpa dibaca kseluruhan...hehe...g penting bgt jg...percaya hal2 gt...
buat yg nmr 2....ada yg tau g cara unreg dari sms 9122...soalx gw gak pernah merasa daftar tp kalo ada pulsa langsung kpotong gra2 dpt sms dr itu...

Post a Comment